Cara Memakai Fasilitas Samsat Online Nasional

Cara Memakai Fasilitas Samsat Online Nasional

Perkembangan pajak di Indonesia telah mengalami pemajuan yang sangat signifikan, jika dahulu kita direpotkan dan harus mengantri saat melakukan pelaporan dan pembayaran pajak di KPP terdekat, maka kini kita bisa melakukan semua hal tersebut melalui internet.

Jaringan internet yang baik tidak hanya bermanfaat untuk melakukan kegiatan yang sifatnya menghibur konsultan pajak jakarta, dengan koneksi internet tersebut Anda bisa melakukan banyak hal lainnya termasuk melaporkan pajak. Pada Septermber tahun lalu, Korps Lalu Lintas Polri melaksanakan Memorandum of Understanding bersama-sama 7 provinsi untuk membantu mengaplikasikan Samsat Online Nasional. Di mana 7 provinsi tersebut, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, DKi Jakarta, Banten serta Bali.

Dengan adanya layanan Samsat Online Nasional akan mempermudah masyarat, khususnya pemilik kendaraan untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotornya karena layanan ini telah bekerja sama dengan mengandalkan fasilitas dari bank BUMN, bank Swasta dan juga bank daerah.

Samsat online nasional memiliki beberapa perbedaan dengan E-samsat Jabar di mana semua data dari pemelik rekening harus disamakan dengan data pemiliki kendaraan yang ada di data STNK sedangkan pada pembayaran Samsat Online Nasional ini Anda bisa melakukannya melalui ATM atau e-banking pribadi atau orang lain. Setelah Anda selesai membayarkan pajak kendaraan bermotor dari ATM atau e-banking, Anda harus melakukan beberapa prosedur pengesahan STNK berikut ini:

  1. Serahkanlah persyaratan yang sudah Anda persiapkan di loket pengesahan
  2. Selanjutnya petugas akan menginput data Anda diaplikasi Samsat Online Nasional, mereka akan memasukkan Noreg/Nopol
  3. Jika identitas pemilih serta kendaraan juga status pembayarannya muncul di layar komputernya, maka seorang petugas yang berwenang akan melakukan pengesahan dengan membubuhkan cap/stiker dan elektronik pada STNK tepatnya di kolom pengesahan STNK.
  4. Petugas akan mencetak SKPD di mana batas waktu penukarannya sekaligus penesahan dari STNK kurang lebih selama 1 bulan di mulai dari tanggal dikeluarkannya tanda bukti struk tersebut.

Penting untuk diketahui jika pengesahan STNK ini hanya bisa dilakukan di Samsat daerah tempat di mana kendaraan terdaftar, jadi bila kendaraan Anda terdaftar di Jakarta maka Anda tidak diperkenankan untuk melakukan pengesahan STNK di wilayah lainnya/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *